Focus NTB
HEADLINE NEWS

Tahun 2022 Sudut Bintang 8 KTC Akan Disulap

FocusNTB, Sumbawa Barat — Demi menghindari Kekumuan pusat pemerintahan Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) atau lebih dikenal dengan Kamutar Telu Center (KTC), Sudut Bintang 8 di wilayah tersebut akan disulap.

KTC yang menjadi ikon tanah pariri lema bariri tersebut kerap kali dijadikan sebagai titik temu bagi orang lokal maupun pendatang, khususnya semenjak sore sampai malam hari.

Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag KSB), Nurdin Rahman, SE mengungkapkan bahwa posisi lapak yang tidak tertata tersebut memang membuat penampilan KTC cenderung kumuh.

Ia menjelaskan, Kekumuan yang dirasakan tersebut adalah hasil dari penataan lapak yang tidak teratur, kekumuan di pusat perkantoran sangat dirasakan setelah jam kantor selesai hingga malam hari.

“Untuk itu kami sudah mengajukan pada Bappeda untuk menyulap sudut bintang delapan di tahun 2022 mendatang,” katanya kepada media ini, Jum’at (12/11/2021).

Tahun 2022 tersebut setiap sudut jalan bintang delapan KTC akan dibagun lapak yang saat ini sudah ada dan masih belum tertata dengan baik, salah satu bentuk komitmen awalnya Dinas tersebut sudah menyapaikan kepada Bappeda dan Litbang.

“Selain lapak tongkrongan, disana juga akan kami siapkan lapak yang fokus menjual hasil Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan industri masyarakat ditanah pariri lema bariri lainnya,” jelasnya.

Di sudut jalan yang membentuk simpang delapan yang merupakan simbol KSB akan dibuat lapak khusus tempat menjual hasil UMKM dan industri rumahan masyarakat yang menjadi khas, salah satunya kopi rarak, palopo, kain tenun, dan lain sebagainya.

“Namun, itu semua terealisasi atau tidak tergantung dari sumber anggaran lain,” cetus Kepala Dinas yang akrab disapa Deo.

Tentunya Diskoprindag hanya bisa memberikan rencana pembangunan ekonomi masyarakat, dengan konsep yang sudah disiapkan tersebut sangat membutuhkan suntikan anggaran yang besar.

READ  Unit Sat Samapta Polres KSB, Gelar Patroli Skala Besar Dan Penyaluran Bansos

“Sehingga baik Dinas maupun Pemda sendiri membutuhkan suntikan anggaran dari sumber lain. Untuk itu kami minta AMNT serius, karena program tersebut tidak bisa menunggu sampai akhir januari,” pintanya.

Diketahui, Salah satu sumber lain anggaran pembangunan daerah KSB berasal dari AMNT, selaku perusahaan tambang yang ada untuk serius dalam mewujudkan program tersebut, karena diharapkan dapat terealisasi sebelum bulan januari 2022 habis. (Fn-Kf)

Related posts

Bupati KSB Buka Pembekalan Penyuluhan Da’i Non PNS Se-KSB

Redaksi FocusNTB

Polres Sumbawa Barat Akan Lakukan Pengamanan Yang Ketat di Pertandingan Liga 3

Redaksi FocusNTB

Kehadiran Investasi Dapat Memicu Pertumbuhan Ekonomi KSB Yang Lebih Baik

Redaksi FocusNTB

Leave a Comment