Focus NTB
HEADLINE LOMBOK

Pesawat Angkut Motor WSBK Terbakar di Lombok, Cek Faktanya

FocusNTB – Sebuah channel YouTube bernama “SIRKUIT MANDALIKA LOMBOK” menyebarkan hoax 17 unit motor World Superbike (WSBK) hangus terbakar di Bandara Lombok. Video tersebut diunggah Jumat, 13 November 2021 dan telah ditonton lebih dari 9 ribu kali.

Channel tersebut mulanya membuat judul “17 unit moto gp wsbk madalika hangus terbakar di bandara lombok”.

Video tersebut ditonton 9,6 ribu view. Kemudian judul video tersebut diganti menjadi “17 unit motor balap hangus terbakar”, setelah banyak netizen yang mengancam akan melaporkan pemilik channel.

Informasi yang diunggah channel tersebut adalah hoax. Tidak ada kejadian pesawat terbakar di Bandara Zainuddin Abdul Madjid Praya.

Berdasarkan penelusuran media ini, video yang diunggah pemilik channel adalah kejadian kebakaran di pesawat Aeroflot milik Rusia pada Minggu, 5 Mei 2019.

Pesawat tersebut take off sekitar 30 menit dari Moskow Rusia Kota Murmansk di Arktik. Pesawat diduga tersambar petir sehingga pilot melakukan pendaratan darurat.

Kejadian tersebut menewaskan 41 orang. Berdasarkan investigasi Komite Investigasi Federasi Rusia, pesawat terbakar akibat pilot melakukan pendaratan darurat yang mengakibatkan tangki bahan bakar pesawat terbakar.

Sang pilot Denis Evdokimov telah dinyatakan bersalah akibat kelalaiannya yang mengakibatkan 41 orang tewas.(**)

 

Sumber : VIVA

READ  Disnaker Minta PT MRL Laporkan Data Karyawan

Related posts

Gerai Vaksin Pelabuhan Tano Kembali Lakukan Swab Kepada Pengguna Jasa Penyebarangan

Redaksi FocusNTB

Seorang Waria di Ditangkap Polisi, Karena Kasus Sodomi

Redaksi FocusNTB

Direktur CV Sinar Belantara Mengucapkan Dirgahayu Republik Indonesia Ke-76 Tahun

Redaksi FocusNTB

Leave a Comment