Focus NTB
HEADLINE

Diputuskan! Lima Pemenang Lomba Inovasi Pelayanan Daerah 2021

Focusntb.com, Sumbawa Barat — Badan Perencana Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) Kabupaten Sumbawa Barat melalui panitia pelaksana Lomba Inovasi Pelayanan Daerah 2021 memutuskan lima pemenang lomba dimaksud.

Para pemenang lomba selanjutnya ditetapkan melalui Keputusan Kaban Bappeda Litbang nomor 19 tahun 2021, drh. Hairul MM yang ditandatangani pada 7 Desember.

Adapun juara lomba itu ialah, Juara I diraih oleh tim dari RSUD As-Syifa’ yang beranggotakan H. Suhodo S.AP, Ns. Nina Septi Wardani S.Kep dan Jemi Harakan A.Md. Kep dengan judul RAPI CARE: strategi manajemen pelayanan pasien yang terintegritas dan berkesinambungan. Sedangkan di posisi Runner Up diraih oleh tim Dinas Kependudukan dan Pencatatn Sipil (Dukcapil) yang beranggotakan Hayatunnupus Wikamto, Tries Wulan Bunga S.AP dan Edy Saputra S.Kom dengan judul penelitian ialah KADOKU SEHATI: Kantongi dokumen kependudukan sejak hari pengantin.

Juara III diraih oleh tim Sekretariat Daerah (Setda) beranggotakan Nurmirham S.IP.,MPA, Irfandi S.IP dan Tuti ST.,M.URP dengan judul penelitian Efektifitas penyusunan laporan capaian kinerja pemerintah daerah. Juara IV diraih oleh Lalu Heri Dwi Praja S.IP.,M.PA dengan judul penelitian strategi penyelenggaraan bidang urusan penelitian dan pengembangan untuk mewujudkan KSB baik dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik melalui gerakan SI KOTAR (sinergi, kompeten, tangguh dan responsif)-dari Bappeda Litbang, terakhir di posisi V diraih oleh Suhasti Nursaputri SKM dari Puskesmas Brang Rea dengan judul penelitian SI KONCO: aksi konseling seputar Covid -19.

“Pembiayaan kegiatan sepenuhnya dibebankan kepada APBD-P 2021 yang dicantolkan oleh TAPD di Bappeda,” ungkap Akhairuddin Ahmad M.Pd mewakili tim juri pada media, Kamis (9/12).

Pada media, pihaknya mengresiasi peserta yang sungguh-sungguh dalam melakukan penelitian. Tidak menutup kemungkinan, hasil inovasi penelitian ini selanjutnya akan di gunakan untuk memantapkan pelayanan publik menuju KSB baik Baldatun Thayyibatun waa rabbun ghafur.

READ  Forum Yasinan Lolos Dalam OGP, Vote Masyarakat Sangat Menentukan

Lebih jauh Akheruddin, selama pelaksana kegiatan, Ia menyebutkan masih banyak kekurangan. Kendati demikian, lomba inovasi berjalan lancar meskipun di tengah wabah pandemi Covid -19.

“Dalam inovasi ini terdapat dua indikator penilaian. Indikator pertama ialah berbicara mengenai dokumen dan yang kedua ialah presentasi,” paparnya seraya mengatakan bahwa penilaian ini sesuai dengan standar Innovation Goverment Award (IGA).

Terpisah, Kepala Bidang Litbang, Ikramawansyah ST.,MT pada media diruang kerjanya memaparkan, Bappeda selaku organisasi perangkat daerah Kabupaten Sumbawa Barat terus berupaya mencari model pelayanan yang mudah, akuntabel yang tentunya menghadirkan kepuasan bagi publik.

Menurutnya, muatan dari penilitian yang diperkenalkan oleh peserta menawarkan konsep yang patut di ancungi jempol lantaran yang diangkatkan belum pernah dilaksanakan di kabupaten/kota lainnya.

“KSB dari tahun ke tahun terus berbenah di semua lini. Penelitian yang dilakukan hari ini untuk membangkitkan pertisipasi pelayan publik lewat sumbangsih ide dan gagasan,” pungkasnya. (Fn)

kerjasama antara Focusntb.com Dengan Kominfo sumbawa Barat

Related posts

PD MES KSB dan Bursa Efek Indonesia Selenggarakan SWIS

Redaksi FocusNTB

Sinergitas TNI-Polri Sumbawa Barat, Patroli Skala Besar Operasi Yustisi

Redaksi FocusNTB

Usai Shalat Ied di Bima, Gubernur Serahkan Hewan Kurban Seberat 1 Ton

Redaksi FocusNTB

Leave a Comment