Focus NTB
HEADLINE NEWS SUMBAWA

Kadis Sosial : Keberadaan Tagana Sangat Dibutuhkan Masyarakat

FOTO. Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sumbawa Barat, dr. Syaifuddin 

FocusNTB, Sumbawa Barat — Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) merupakan salah satu organisasi sosial yang bergerak dalam bidang penanggulangan bencana alam dan bencana sosial berbasiskan masyarakat. Dan keberadaannya sangat dibutuhkan oleh masyarakat baik dalam kondisi terjadi bencana maupun tidak.

Hal tersebut mengingat Tagana selalu berada ditengah masyarakat baik dalam penanganan korban bencana alam, sosial maupun mitigas bencana alam.

Demikian disampaikan oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sumbawa Barat, dr. Syaifuddin saat dihububgi media Focus NTB via whatsapp pada, Rabu (15/12/2021).

“Tagana ditetapkan dengan maksud untuk mendayagunakan dan memberdayakan generasi muda dalam penanggulangan bencana,” katanya.

Tujuan dari Tagana ini, lanjutnya mengatakan, bahwa untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam penanggulangan bencana baik sebelum, pada saat dan sesudah terjadinya bencana.

“Tagana ini berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Menteri Sosial melalui Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial c.q. Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam,” bebernya.

“Untuk tugas, Tagana mempunyai tugas melaksanakan penanggulangan bencana, baik pada pra bencana, saat tanggap darurat, maupun pascabencana, dan tugas-tugas penanganan permasalahan sosial lainnya yang terkait dengan penanggulangan bencana,” Pungkasnya.(Fn-Kief)

READ  Kapolres KSB : "Unsur TNI-Polri Siap Amankan Proses Penataan Wisata Pantai Maluk"

Related posts

Gempa Magnitudo 5,4 Kembali Guncang Sumbawa Barat

Redaksi FocusNTB

Antusias Warga Sumbawa Barat Tinggi, Ribuan Dosis Vaksin Habis Dalam Sehari

Redaksi FocusNTB

Pembangunan Bandara di Kiantar Sudah Diwacanakan Sejak KSB Terbentuk

Redaksi FocusNTB

Leave a Comment