Focus NTB
HEADLINE NEWS SUMBAWA

Pastikan Kesiapan Peresmian Bendungan Bintang Bano, Menteri PU-PR Kunjungan Lebih Awal

FOTO. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono saat memastikan kesiapan Bendungan Bintang Bano

FocusNTB, Sumbawa Barat – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono meninjau pembangunan Bendungan Bintang Bano di Kecamatan Brang Rea Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) pada, Rabu pagi (12/01/2022).

Kunjungan tersebut dalam rangka memastikan kesiapan bendungan yang terletak di Desa Bangkat Monteh Kecamatan Brang Rea sebelum diresmikan Presiden Joko Widodo pada Jumat, 14 Januari 2022 mendatang.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono dalam kunjungannya menjelaskan, bahwa dengan rampungnya proses pembangunan Bendungan Bintang Bano ini, masyarakat di Kabupaten Sumbawa Barat pun akan mendapatkan banyak manfaat. Bendungan Bintang Bano akan menghasilkan air baku sebesar 555 liter per detik dan mampu mengairi lahan seluas 6.695 hektar untuk mendukung pertanian di Sumbawa Barat.

“Selain itu, Bendungan Bintang Bano memiliki potensi pariwisata karena lokasinya memiliki pemandangan alam indah dengan kondisi hutan sekitar yang masih terjaga,” ungkap Basuki akrab Menteri PU-PR disapa.

Sementara Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Suryaman, S.STp menyampaikan, bahwa Presiden Jokowi rencananya akan bertolak ke KSB dari BIL pada Jumat pagi dengan menggunakan Helikopter. Memastikan hal tersebut, hingga hari ini rabu 13/01/2022 tim telah tiba di Kabupaten Sumbawa Barat sejak hari Selasa.

Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Suryaman, S.STp

“Segala persiapan di lapangan, mulai dari lokasi, prosesi peresmian hingga pengamanan di lapangan dilakukan secara ketat. Dan kunjungan Presiden yang akan berlangsung hari Jum’at tersebut melalui pengamaman yang ketat,” Jelas Suryaman.

Untuk memastikan segala kesiapan, Menteri PUPR Basuki Hadimulyo melakukan kunjungan awal untuk persiapan pelaksanaan kegiatan. Menteri Basuki melakukan pengecekan kesiapan fasilitas umum, dan segala kesiapan lainnya.

READ  Ucapan Selamat H.Deden Zaidul Bahri Atas Prestasi WBK Polres Sumbawa Barat

“Setelah melakukan pengecekan, Menteri Basuki menyatakan bahwa Bendungan Bintang Bano sudah siap untuk diresmikan. Hal tersebut dibuktikan dengan penandatanganan prasasti sebagai bentuk pertanggungjawaban dan kesiapan penggunaan Bendungan Bintang Bano,” pungkasnya.

Terhitung sudah dua kali Presiden Jokowi menginjakkan kaki di Kabupaten Sumbawa Barat setelah sebelumnya pada saat kunjungan langsung melihat proses penanganan bedah rumah masyarakat pasca bencana gempa bumi pada tahun 2018.

Setelah acara Peresmian, nantinya Presiden Jokowi akan langsung kembali ke Mataram.(Fn)

Related posts

Tim Gabungan Pangan Sidak Pasar Tana Mira Soal Ayam Potong Illegal

Redaksi FocusNTB

Peringati HUT Brimob Ke 76 Kompi 2 Yon B Berikan Bantuan Sembako di Yayasan Anak Yatim

Redaksi FocusNTB

Polsek Seteluk Bersama Koramil Seteluk Bantu Warga Pasca Musibah Angin Puting Beliung

Redaksi FocusNTB

Leave a Comment